Gambaran Kepatuhan Diet Dan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Pacar Keling Surabaya
PDF

Keywords

pasien hipertensi, kepatuhan diet, kepatuhan minum obat

How to Cite

[1]
J. Proboningsih and M. Almahmudah, “Gambaran Kepatuhan Diet Dan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Pacar Keling Surabaya”, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 6 - 10, Jan. 2020.

Abstract

Kunjungan Pasien hipertensi  di Puskesmas Pacar Keling mencapai 200-300 Pasien selama tahun 2018, ini menunjukkan masih tingginya Penderita di wilayah kerja Puskesmas tersebut. Penatalaksanaan untuk pasien hipertensi tidak hanya melalui obat, tetapi juga harus diperhatikan pola hidupnya, termasuk kepatuhan dalam mengontrol diet sangat menetukan tekanan darah menjadi stabil normal. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kepatuhan diet dan minum obat pada Pasien yang mengalami hipertensi di Wilayah kerja Puskesmas Pacar Keling Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif, dimana data yang diperoleh dari subyek penelitian akan dideskripsikan atau digambarkan dengan setiap indikator disajikan dalam nilai frekuensi dan persentase.

Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif didapatkan bahwa pasien hipertensi di Puskesmas Pacar Keling Surabaya hampir seluruhnya (90%) sebagian besar (53%) tidak patuh dan hamper setengahnya patuh minum obat. tidak patuh pada diet dan sebagian kecil (10%) pasien yang patuh terhadap diet hipertensi. sebagian besar (53%) tidak patuh dan hampir setengahnya (47%) patuh  minum obat. Pada lansia, arteri besar tidak lentur lagi sehingga menjadi kaku dan menyebabkan darah pada setiap denyut jantung dipaksa melewati pembuluh darah yang sempit dari pada biasanya sehingga terjadi kenaikan tekanan darah.

Pasien hipertensi yang pada umumnya sudah berusia lanjut membutuhkan pendampingan baik oleh perawat atau petugas kesehatan dan keluarganya. Pendampingan meliputi pengaturan diet, minum obat, maupun aktivitas olah raga dan pola hidup sehari-harinya. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui mekanisme pendampingan dengan menggunakan model perawatan kronik, sehingga bisa diketahui efektifitas dan cara yang tepat dalam melaksanakannya

PDF

Downloads

Download data is not yet available.