Analisis Penyimpangan Sistem Aec Pada Pesawat Dr Philips (Penghitungan Berdasarkan Indeks Eksposure)
PDF

How to Cite

[1]
nurdono dono, T. Indrato, and B. U. Utomo, “Analisis Penyimpangan Sistem Aec Pada Pesawat Dr Philips (Penghitungan Berdasarkan Indeks Eksposure)”, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 229 - 236, Jan. 2020.

Abstract

 

Abstrak – Sistem AEC adalah metode akuisisi image pada pesawat Radiologi dengan membatasi nilai faktor eksposi  secara otomatis. Sistem AEC akan memberikan nilai KV, mAS secara otomatis sesuai dengan objek pemeriksaan. Sistem AEC yang di terapkan pada  pesawat digital  radiologi ini  dapat di uji dengan nilai Indeks Eksposure yang merupakan fasilitas unit digital  radiografy. Nilai Indeks Eksposure adalah  adalah nilai tengah dari histogram image  yang merupakan representatif dari kualitas gambar. Nilai Indeks Eksposure juga telah distandarisasi oleh IEC dan AAPM sebagai nilai baku dari kualitas gambar. Pada penelitian ini menggunakan pemeriksaan thorak PA pada pesawat DR philips yang mempunyai nilai Indeks Eksposure untk thorak sebesar 400. Metode yang digunakan adalah menentukan indeks massa tubuh pasien untuk memilih AEC normal, AEC large  atau AEC  extra large pada sistem Digital Radiografi. Data Indeks Eksposure  dari hasil pengambilan gambar kemudian di uji dengan rumus penyimpangan Indeks Eksposure DI= 10 log10 (EI/EIT). Nilai DI ± 0.5 menunjukan bahwa sistem AEC masuk range normal , nilai diatas 0.5 menunjukan AEC overexposure dan nilai dibawah -0.5 menunjukan AEC underexposure. Dari hasil pengukuran 50 sample pasien  menunjukan sistem AEC pada mode large cenderung menyimpang ke arah over ekspose sedangkan pada AEC mode normal dan ekstra large  cenderung masuk range normal, dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan sistem  AEC  pada  Digital Radiologi  Philips perlu dilakukan penyesuaian dengan kondisi pemeriksaan pasien di Indonesia.

 

  Kata kunci   AEC (Automatic Eksposure Compensation)-  Digital Radiologi -  Indeks Eksposure- Faktor Eksposi-  Overexposure-     Underexposure –Burn Out

PDF

Downloads

Download data is not yet available.