Pemanfaatan Googleform, Google Spreadsheet dan Google Data Studio (GOENDALA) Dalam Pengelolaan Pemeliharaan Alat Elektromedik di Instalasi Pemeliharaan Sarana RSUD dr. ISKAK Tulungagung
PDF

Keywords

Pemeliharaan; Googleform;Googlespreadsheet;Googledatastudio;

How to Cite

[1]
K. Abdullah, A. Wahyudi, I. Srijani, K. Rokhmad, and S. Supriyanto, “Pemanfaatan Googleform, Google Spreadsheet dan Google Data Studio (GOENDALA) Dalam Pengelolaan Pemeliharaan Alat Elektromedik di Instalasi Pemeliharaan Sarana RSUD dr. ISKAK Tulungagung”, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 136 - 140, Jan. 2020.

Abstract

Pemeliharaan adalah kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga sarana atau memperbaikinya sampai pada kondisi yang bisa diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan system pemeliharaan alat elektromedis dalam hal ini pengelolaan perbaikan alat elektromedis dengan memanfaatkan media yang ada. Fasilitas yang dimaksud adalah fasilitas yang disediakan secara gratis pada Google drive, untuk menghilangkan batasan ruang dan waktu yang selama ini menjadi kendala dalam perbaikan alat elektomedik. Rancang bangun sistem  ini dengan memanfaatkan Google form sebagai form pengumpul data, googlespreadsheet sebagai database yang akan diformulasikan dan dihasilkan model pelaporan secara realtime dan lembar kerja yang akan diterbitkan secara paperless (e-form). Proses keseluruhan ini akan divisualisasikan pada Google data studio berupa Dashboard Pemeliharaan. Dashboard ini bisa di akses oleh Manajemen, User dan Stake Holder lain dengan otorisasi tertentu yang dapat digunakan dalam mengambil keputusan terkait permasalah pada Alat Elektromedis. E-form berupa lembar kerja juga dapat dihasilkan pada system ini akan ditanda tangani secara digital melalui handphone teknisi yang ada, menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader yang  dapat diperoleh di Play Store secara gratis. Setelah membandingkan data capaian perbaikan harian dari data sensus permintaan perbaikan alat elektromedik yang dievaluasi selama periode pre intervensi bulan Februari, Maret dan intervensi pada bulan April dan Mei menggunakan uji statistic t-tes related samples didapatkan nilai signifikansi sebesar  0.00  yang berarti terdapat perbedaan capaian sebelum dan sesudah penggunaan GOENDALA. Aplikasi ini dibuat dengan dengan biaya minimal, waktu yang singkat dan dapat direplikasi oleh semua kalangan tanpa memerlukan kompetensi khusus dimana pada tempat kerjanya belum terjangkau dengan SIMRS.

PDF

Downloads

Download data is not yet available.