Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kusta (Studi Kasus Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenu Kabupaten Tuban Tahun 2018)
PDF

Keywords

Kusta, karakteristik individu, kondisi lingkungan fisik rumah

How to Cite

[1]
M. Rahmawati, A. D. Nerawati, and B. Sunarko, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kusta (Studi Kasus Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenu Kabupaten Tuban Tahun 2018)”, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 40 - 45, Jan. 2020.

Abstract

Abstrak - Kabupaten Tuban Jawa Timur menduduki peringkat ketiga penyakit kusta di Jawa Timur. Riwayat kontak, pekerjaan, tingkat pendidikan serta kondisi lingkungan fisik rumah yang diyakini berhubungan dengan kejadian kusta. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu, dan kondisi lingkungan fisik rumah dengan kejadian penyakit kusta di wilayah kerja Puskesmas Jenu Kabupaten Tuban tahun 2018.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain case control. Besar sampel sebanyak 28 orang kasus dan 28 orang kontrol. Analisis data menggunakan Chi Square.

Hasil analisis bivariat adanya hubungan antara karakteristik individu dengan kejadian penyakit kusta yaitu riwayat kontak (ρvalue=0,005),  jenis kelamin (ρvalue = 0,001), tingkat pendidikan (ρvalue=0,000), pekerjaan (ρvalue=0,007) suhu (ρvalue = 0,001), kelembaban  (ρvalue = 0,003), pencahayaan  (ρvalue=0,001), kepadatan hunian (ρvalue = 0,001), dan ventilasi (ρvalue = 0,001) . Sedangkan yang tidak berhubungan adalah umur (ρ value = 1,000).

Kesimpulannya karakteristik individu dan lingkungan fisik rumah memiliki hubungan dengan kejadian penyakit kusta dan merupakan faktor risiko terhadap kejadian penyakit kusta dengan Odds ratio > 1, sedangkan umur tidak ada hubungan dengan kejadian kusta. Disarankan untuk menjaga personal hygiene dan melakukan perbaikan kondisi lingkungan fisik rumah terutama untuk ventilasi rumah, dan pencahayaan, misalnya menambah luas ventilasi rumah sehingga cahaya matahari dapat masuk kedalam ruangan, dapat  menurunkan tingkat kelembaban dan suhu panas di dalam ruangan, melancarkan sirkulasi udara dan dapat membunuh kuman penyakit.

PDF

Downloads

Download data is not yet available.