Penerapan Manajemen Program ODF di Puskesmas Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Tahun 2019
PDF

Keywords

Manajemen, Program ODF

How to Cite

[1]
A. Tauladani, H. Suryono, and S. Setiawan, “Penerapan Manajemen Program ODF di Puskesmas Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Tahun 2019”, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 74 - 77, Jan. 2020.

Abstract

Kesehatan Lingkungan merupakan upaya pencegahan penyakit atau gangguan kesehatan dari factor risiko lingkungan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat baik dari aspek kimia, biologi, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen kesehatan lingkungan yang dilaksanakan Puskesmas agar tercapai target kinerja dalam peningkatan program.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Objek penelitian adalah manajemen pelaksanaan program kesehatan lingkungan terhadap desa yang belum ODF. Subyek penelitian ini adalah responden yang terdiri dari pimpinan Puskesmas, tenaga kesehatan lingkungan dan tenaga lain yang terlibat dalam pengelolaan kesehatan lingkungan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan kuisioner dan wawancara.

Hasil Puskesmas Sidoarjo sudah baik dalam melaksanakan program ODF meskipun ada beberapa yang tidak terpenuhi. Hasil tersebut mendapatkan nilai 85,4%, adapun kurang dari nilai tersebut seperti tidak terlaksananya rencana program tersebut dengan tepat waktu.

Kesimpulannya, ada perbedaan antara program ODF di puskesmas dan pengetahuan masyarakat, kurangnya pengetahuan dan kepedulian di masyarakat tentang program ODF di puskesmas.

PDF

Downloads

Download data is not yet available.