Hubungan Kepercayaan Diri Dalam Proses Menyusui Dengan Kemampuan Teknik Menyusui Di Pmb (Praktek Mandiri Bidan) Wilayah Kabupaten Malang
PDF

Keywords

kepercayaan diri, teknik menyusui

How to Cite

[1]
T. Mardiyanti, “Hubungan Kepercayaan Diri Dalam Proses Menyusui Dengan Kemampuan Teknik Menyusui Di Pmb (Praktek Mandiri Bidan) Wilayah Kabupaten Malang”, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 32 - 35, Jan. 2020.

Abstract

Rasa percaya diri adalah modal dasar bagi ibu agar mampu menyusui dengan baik. Rasa percaya diri akan terbangun bila ibu mempunyai cukup pengetahuan tentang teknik menyusui, yang bila dipraktikan secara benar akan meminimalisir masalah-masalah yang muncul dalam proses menyusui sehingga dapat menjaga kestabilan produksi ASI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri ibu menyusui dengan kemampuan teknik menyusui. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan metode pengumpulan data cross sectional. Sampel dalam penelitian ini ditarik dengan menggunakan metode accidental sampling sehingga yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang melakukan kunjungan ulang sebelum 28 hari masa nifas di PMB Sri Anik dan PMB Anik Rohanjarwati dalam kurun waktu satu bulan pengumpulan data, sejumlah 36 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala kepercayaan diri ibu menyusui dan lembar observasi teknik menyusui sebagai instrumen. Pengolahan data dilakukan dengan uji statistik Pearson Product Moment. Hasil yang diperoleh adalah tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dalam proses menyusui dengan kemampuan teknik menyusui dengan r=0,134, yang menunjukkan kekuatan hubungan sangat lemah. Teknik menyusui yang benar harus diajarkan kepada ibu sejak masa kehamilan agar membantu proses terbentuknya rasa percaya diri yang maksimal bagi ibu guna menunjang keberhasilan proses menyusui.

PDF

Downloads

Download data is not yet available.