A Hubungan Faktor Persepsi Terhadap Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (Psn 3m Plus) (Studi Pendekatan Health Belief Model Di Wilayah Kerja Puskesmas Tenggilis Surabaya Tahun 2020)
PDF

How to Cite

Musta’inah, R., Setiawan, S., & Sari, E. (2021). A Hubungan Faktor Persepsi Terhadap Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (Psn 3m Plus) (Studi Pendekatan Health Belief Model Di Wilayah Kerja Puskesmas Tenggilis Surabaya Tahun 2020). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya 2020, 2(1). Retrieved from http://semnas.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/2020/article/view/176

Abstract

Salah satu penyakit yang menjadi masalah kesehatan msyarakat di Indonesia dalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Faktor utama dalam pencegahan dan pemberantasan DBD adalah perilaku masyarakat. Salah satu model yang dapat memprediksi perilaku kesehatan (health behavior) masyarakat terhadap pencegahan DBD tersebut adalah Health Belief Model (HBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara persepsi kerentanan, persepsi keparahan, isyarat untuk bertindak, persepsi hambatan dan persepsi manfaat terhadap upaya pencegahan penyakit DBD. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 18.884 ibu rumah tangga di wilayah kerja Puskesmas Tenggilis Surabaya dan jumlah sampel yang didapat sebanyak 100 orang. uji Fisher Exact Test. Dari penelitian ini diketahui bahwa faktor persepsi yang berpengaruh terhadap upaya pencegahan penyakit DBD adalah persepsi kerentanan, persepsi isyarat untuk bertindak dan manfaat sedangkan yang tidak adalah persepsi keparahan dan hambatan. Disarankan untuk pihak puskesmas terus melakukan sosialisasi upaya pencegahan penyakit DBD kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat serta menurunkan angaka kesakitan DBD.

PDF