PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KONSUMSI SAYUR DAN BUAH
PDF

How to Cite

Alberta, L., Barzani, N., Ambarwati, R., & Indriatie, I. (2021). PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KONSUMSI SAYUR DAN BUAH. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya 2020, 2(1). Retrieved from http://semnas.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/2020/article/view/229

Abstract

Konsumsi sayur dan buah merupakan hal penting dalam pemenuhan gizi seimbang, karena sayur dan buah mengandung vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Usia remaja adalah  tahap  pertumbuhan dan perkembangan fisik yang  membutuhkan gizi seimbang.  Pengetahuan dan sikap remaja tentang konsumsi sayur dan buah adalah sejumlah informasi yang dimiliki remaja tentang sayur dan buah dan hasil evaluasi remaja yang menimbulkan perasaan suka atau tidak suka untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pengetahuan dan sikap siswa SMA Negeri 3 Surabaya tentang konsumsi sayur dan buah. Rancangan penelitian deskriptif dengan jumlah 95 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling, pengumpulan data melalui wawancara  menggunakan  kuesioner.

Hasil penelitian  menunjukkan pengetahuan siswa SMA Negeri 3 Surabaya tentang konsumsi sayur dan buah sebagian besar memiliki pengetahuan cukup (60%),  sebagian kecil memiliki pengetahuan baik (22,11%) dan kurang (17,89%). Sikap siswa SMA Negeri 3 Surabaya tentang konsumsi sayur dan buah hampir seluruhnya memiliki sikap baik (87,37%), sebagian kecil memiliki sifat cukup (12,63%), dan tidak satupun memiliki sikap kurang (0%).

Disarankan kepada semua pihak terutama orang tua, guru dan juga remaja itu sendiri agar meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang konsumsi sayur dan buah. Kepada petugas kesehatan disarankan agar meningkatkan pelaksanaan program penyuluhan tentang pentingnya konsumsi sayur dan buah pada remaja.

Kata kunci : Pengetahuan,  sikap,  remaja, konsumsi sayur dan buah

 

PDF