PEMBERDAYAAN GURU DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA TUNA GRAHITA DI SLB BC OPTIMAL DAN SLB BC KARYA BHAKTI SURABAYA
pdf

How to Cite

Ulfah, S. (2021). PEMBERDAYAAN GURU DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA TUNA GRAHITA DI SLB BC OPTIMAL DAN SLB BC KARYA BHAKTI SURABAYA. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya 2020, 2(1). Retrieved from http://semnas.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/2020/article/view/239

Abstract

Pendahuluan: Adanya keterbatasan mental dan intelektual pada tunagrahita bisa mengakibatkan resiko tinggi terhadap masalah kesehatan gigi dan mulut, salah satunya nilai kebersihan gigi dan mulut yang rendah. Pemberdayaan guru dalam pemeliharaan kebersihan dan mulut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai kebersihan gigi dan mulut tuna grahita. Tujuan umum dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pemberdayaan pada guru SLB dalam rangka meningkatan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut pada siswa tuna grahita. Metode: Kegiatan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan dan demonstrasi terkait pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut siswa tuna grahita. Hasil: Post tes mengalami peningkatan 100%, sikap 84.62% dan ketrampilan menyikat gigi secara tepat 91.7%. Kesimpulan: Kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan guru dalam pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut tuna grahita.

pdf