- “Pemberdayaan Kader dalam Upaya Deteksi Dini Risiko Perdarahan Pasca Partum dan Preeklampsi Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo Surabaya”
pdf

How to Cite

Setyorini, D. (2021). - “Pemberdayaan Kader dalam Upaya Deteksi Dini Risiko Perdarahan Pasca Partum dan Preeklampsi Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo Surabaya”. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya 2020, 2(1). Retrieved from http://semnas.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/2020/article/view/242

Abstract

“Pemberdayaan  Kader dalam Upaya Deteksi Dini  Risiko Perdarahan Pasca Partum dan Preeklampsi  Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo Surabaya”

 

Dhiana Setyorini, Intim Cahyono, Enung Mardiyana, Supriyanto, Nur Hasanah

Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Surabaya

dhiana@poltekkesdepkes-sby.ac.id

 

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu  indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan. Sebagaimana kita tahu bahwa sampai dengan berakhirnya MGDs, Indonesia termasuk negara yang gagal di dalam menurunkan angka tersebut. Bahkan lebih dari dua dekade upaya dan kerja keras, AKI nyatanya masih cukup tinggi, mencapai 359 per 100 ribu kelahiran hidup. Penyebab kematian ibu di Kota Surabaya tahun 2017 antara lain karena preeklampsia atau eklampsia 32,4%, perdarahan 8,1%, sepsis atau infeksi 5,4%, partus lama 2,7% dan lain-lain 51,4% (Dinkes Surabaya, 2017). Melihat penyebab utama kematian ibu diatas sangat terkait dengan kesadaran ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dan kesehatannya, agar ibu dan bayi yang dikandung serta dilahirkan dalam kondisi sehat. Pemeriksaan kehamilan juga mempunyai tujuan untuk melakukan deteksi dini adanya penyimpangan dan kemungkinan terjadinya komplikasi selama kehamilan, persalinan dan nifas, sehingga diharapkan petugas kesehatan terutama dalam tatanan pelayanan Antenatal Care (ANC) mampu melakukan deteksi dini adanya komplikasi kehamilan yaitu komplikasi terjadinya perdarahan pasca partum dan  preeklampsi- eklampsi. Kartu skor deteki Dini Risiko Perdarahan Pasca Partum (KSPPP) dan Kartu Skor Dhiana Setyorini (KSDS) adalah alat/kartu skor deteksi dini risiko  yang sangat penting untuk memudahkan kader  dan tenaga kesehatan untuk menentukan  seorang ibu hamil apakah mempunyai risiko rendah atau risiko tinggi untuk terjadi perdarahana pasca partum dan preeklampsi. Kegiatan Pengabdian kepeda Masyarakat telah telah dlaksanakan di Puskesmas Mulyorejo Surabaya, dengan judul “Pemberdayaan  kader dalam upaya deteksi dini  risiko perdarahan pasca partum dan preeklampsi  sebagai upaya menurunkan angka kematian ibu di wilayah kerja puskesmas Mulyorejo Surabaya” dengan menggunakan KSPPP dan KSDS. Dalam kegiatan ini kader kesehatan diberikan pelatihan tentangcara melakuan deteksi dini terjadinya Preeklamsi dan risiko terjadinya perdarahan post partum pada ibu hamil. Selain itu juga diberikan materi tentang gawat darurat pada kehamilan, persalinan dan nifas.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan Kader, KSPPP, KSDS

pdf