TINGKAT STRES PADA LANJUT USIA DI UPTD GRIYA WERDHA JAMBANGAN SURABAYA
PDF

Keywords

Tingkat Stres, Lansia

How to Cite

Proboningsih, J. (2021). TINGKAT STRES PADA LANJUT USIA DI UPTD GRIYA WERDHA JAMBANGAN SURABAYA. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya 2020, 2(1). Retrieved from http://semnas.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/2020/article/view/278

Abstract

Abstrak

Proses menua merupakan proses alami yang disertai penurunan kondisi fisik, psikologis, maupun sosial. Keadaan ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan jiwa. Salah satunya perubahan kondisi psikologi yaitu tampak gelisah, frustasi, sulit merasa rileks, kesepian, tidak ada semangat, kurang atau hilangnya perhatian diri, orang lain, atau lingkungannya, dan sulit berkonsentrasi yang merupakan gejala stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres pada lanjut usia berdasarkan usia, jenis kelamin, status perkawinan, dan lama tinggal di UPTD Griya Werdha Jambangan Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu pada tahap pengkajian dan teknik wawancara terstruktur. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 lansia yang mengalami stres. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket yang disesuikan dengan tujuan penelitian dan mengacu kepada konsep dan teori yang telah dibuat serta data dianalisis dengan menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres pada lansia sebagian besar (72,7%) sedang, sebagian besar berusia 60-74 tahun, sebagian besar perempuan, hampir seluruhnya berstatus janda atau duda, dan sebagian besar lama tinggal di panti selama >2 tahun.

             Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat stres dapat dikurangi dengan berbagai macam cara yaitu, dengan meningkatkan status kesehatan lansia, memberikan kegiatan keterampilan, seperti membuat kerajinan tangan.

PDF