Analisis Kemampuan Sensor Tekanan Pada Rancang Bangun Monitoring Estimasi Waktu Habis Pada Simulasi Gas Sentral Berbasis Internet Of Things (IoT)
PDF

Keywords

Monitoring Gas Sentral;IoT;Email;ESP32

How to Cite

harlianti, harlianti. (2021). Analisis Kemampuan Sensor Tekanan Pada Rancang Bangun Monitoring Estimasi Waktu Habis Pada Simulasi Gas Sentral Berbasis Internet Of Things (IoT). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya 2020, 2(1). Retrieved from http://semnas.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/2020/article/view/290

Abstract

Gas sentral merupakan sarana penting pada sebuah unit pelayanan kesehatan yang mensuplai akan kebutuhan gas medik selama 24 jam. ECRI Institute dalam laporan Medical Device Safety Report mengemukakan bahwa salah satu faktor eksternal penyebab kerusakan peralatan kesehatan yaitu gas medik dan vakum medik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem pemantauan tekanan gas medik sentral melalui jaringan internet. Kontribusi penelitian ini adalah perbandingan dua sensor tekanan yang memiliki input dan output yang berbeda dan mengirimkan pemberitahuan via email. Sinyal tekanan gas medik dari sensor SKU237545 dan RSPRO797-5037 akan dibaca oleh port Analog to Digital Converter pada ESP32 untuk ditampilkan pada LCD dan dashboard thinger.IO sebagai platform internet of things dan notifikasi via email. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, didapatkan analisa waktu habis dan nilai error pada masing-masing sensor tekanan gas, yaitu sensor SKU237545 pada tekanan 50 Psi sampai dengan 80 Psi memiliki range presentase error -0.94% sampai dengan 1.18%, sensor  RSPRO797-5037 pada tekanan 50 sampai dengan 80 Psi memiliki range presentase error -0.86% sampai dengan -3.66%, sedangkan estimasi waktu habis yang diperlukan dari tekanan 65 Psi sampai 0 Psi adalah ±312 detik. Desain monitoring tekanan gas sentral ini dapat diaplikasikan pada pemantauan tekanan gas medik di unit pelayanan kesehatan.

PDF